Ukuran ID Card

Pada zaman yang semakin modern ini siapa sih yang tidak mengenal ID Card? ID Card merupakan tanda pengenal seorang yang sangat dibutuhkan di dunia perkantoran. Namun, apakah kalian tau berapa Ukuran ID Card pada umumnya?

Jika pada umumnya ID Card berupa KTP dan SIM yang bisa kalian dapatkan jika sudah berumur 17+. Tetapi jaman sekarang anak-anak pun sudah memiliki ID Card sebagai tanda pengenal loh.

Hal tersebut berdampak pada meningkatnya pembuatan ID Card, baik untuk perusahaan atau sekolahan. Sehingga banyak dari kalian yang harus mengetahui berapa ukuran ID Card yang sesuai standart ideal.

Nah, untuk kalian yang inging mempelajari hal tersebut, kalian dapat menyimak penjelasan di bawah ini. Mari kita bahas!

Ukuran ID Card Menurut ISO

Sebelum membahas lebih jauh, kalian harus memahami bahwa ada beberapa jenis ID card di dunia ini. Keberadaannya diatur dan ditetapkan oleh International Organization for Standard atau yang dikenal dengan ISO.

Ukuran ID Card yang sudah ditentukan sudah sesuai dengan jenis dan ukuran kertas. Hal ini dikarenakan mesin printer biasanya mempunyai beberapa standar yang berbeda untuk ukuran kertas agar memudahkan proses pencetakannya.

Berikut ini macam-macam ukuran ID card yang perlu kalian ketahui:

1. Menurut ISO

ukuran id card

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ISO mengatur berapa saja ukuran yang akan digunakan untuk ID card. Berikut ini rinciannya:

A. ID-1

ID-1 ditandai dengan sudut bulat radius 2,88-3,48 mm dan ukuran kertas 85,50 mm x 53,98 mm. Ukuran ini sering digunakan untuk membuat berbagai macam kartu perbankan seperti debit, ATM ataupun kredit.

Di beberapa negara menggunakannya untuk pembuatan KTP, kartu transportasi umum, member tempat perbelanjaan dan masih banyak lagi yang lainnya. ID-1 ini disebut dengan CR80.

B. ID-2

Ukuran ID-2 tidak terlalu populer dan hanya ada di beberapa negara tertentu saja karena dianggap kurang praktis dari segi penyimpanan. Ukuran kertasnya yaitu 105 x 74 mm atau setara dengan 4,134 x 2,913 mm. Beberapa negara yang menggunakan ukuran ini untuk KTP adalah Kroasia, Luxemburg dan Jerman. Namun pada Bulan November 2010 Jerman memutuskan untuk beralih ke ID-1.

Baca Juga :  Contoh CV Lamaran Kerja Menarik yang Baik dan Benar

C. ID-000

Ukuran ID Card yang kedua adalah ID-000 dengan ukuran kertas 25 x 15 mm. Ditandai dengan salah satu sudutnya yang miring 3 mm. ID-000 biasanya digunakan untuk kartu smartphone atau Surat Izin Mengemudi (SIM).

2. Ukuran Secara Umum

Nah selain ISO, juga ada ukuran standar atau umum yang bisa digunakan untuk beberapa keperluan. Berikut ini rincian selengkapnya:

A. Ukuran Name Tag

ukuran id card

Name tag biasanya sangat diperlukan ketika ada kepanitiaan atau acara tertentu. Ukurannya sangat beragam, diantaranya adalah 5,8 x 8,6 cm, 8,1 x 11,2 cm, 9,5 x 11,9 cm dan masih banyak lagi yang lainnya.

B. Ukuran Co Card

ukuran id card

Untuk co card jenis ukurannya lebih beragam dibandingkan dengan name tag, yaitu:

  • A1, 100 mm x 68 mm berbentuk landscape.
  • A2 memiliki ukuran 106 mm x 82 mm berbentuk landscape.
  • B1, berukuran 85 mm x 55 mm dan plastik 100 mm x 65 mm.
  • B2 memiliki ukuran 10, 5 cm x 7 cm dengan ukuran plastik 12,3 cm x 8 cm.
  • B3, ukurannya adalah 105 mm x 85 mm dengan ukuran plastik 122 mm x 95 mm.
  • B4 yaitu 135 mm x 95 mm dan ukuran plastik 150 mm x 105 mm.
  • A5 yaitu ukuran 148 mm x 210 mm.
  • B6 ukuran 125 mm x 176 mm yang setara dengan kertas A5.
  • ID card PNS yaitu berukuran 54 mm x 86 mm.

3. Ukuran Kartu Nama

ukuran id card

Ketiga adalah ukuran nama yang biasanya digunakan oleh seorang pebisnis agar rekan kerjanya mudah menghubungi dimanapun dan kapanpun. Di indonesia sendiri yang paling umum digunakan adalah ukuran 90 mm x 55 mm dan 80 mm x 53 mm.

Sedangkan jika dalam ukuran cm yaitu 9 cm x 5,5 cm atau 1063 x 650 pixels. Sampai sini apakah teman-teman paham kan? Secara singkat, kalian bisa melihat ringkasan ukuran untuk beberapa keperluan pada tabel di bawah ini:

Baca Juga :  Cara Membuat Bootable Flashdisk
Ukuran dalam mmUkuran dalam cmKeperluan
105 x 7410,5 x 7, 4Kartu panitia dan name tag peserta sebuah acara.
90 x 539,0 x 5,3Kartu nama pribadi, perusahaan dan kartu pelajar.
85, 60 x 53,988,56 x 5, 39KTP, ATM, kartu PNS, debit.

Hal paling penting yang harus diketahui selain beberapa ukuran yang sudah dijelaskan di atas adalah sebelum membuat desain sebaiknya mengetahui apa jenis dan ukuran ID Card. Kalian bisa membuatnya menggunakan software Photoshop, Corel Draw dan aplikasi edit lainnya.

Cara Menerapkan Ukuran Standar ID Card

Apabila kalian berniat untuk membuat ID Card sendiri tanpa harus membayar, serta menggunakan software yang sudah dimiliki, ada beberapa langkah yang harus dilakukan secara runtut yaitu:

1. Membuat Desain

ukuran id card

Langkah pertama sudah jelas, yaitu harus membuat desainnya terlebih dahulu mulai dari memilih warna, font hingga foto yang akan ditempelkan. Kalian bisa memanfaatkan software gratis seperti yang sudah disebutkan di atas.  

2. Menyisipkan Foto

ukuran id card

Selanjutnya setelah membuat desain, kalian bisa langsung menyisipkan foto formal ataupun non formal dengan kualitas terbaik. Hal ini penting untuk dilakukan agar tidak buram karena resolusinya terlalu kecil.

3. Menyesuaikan Ukuran

ukuran id card

Kalian harus menggunakan pengaturan aplikasi untuk menyesuaikan ukuran ID Card sesuai dengan jenis dan kebutuhannya. Tapi jika kalian ingin mencetak dalam partai besar maka gunakan satu kertas berukuran besar pula.

Caranya cukup mudah, tinggal copy desain ID card yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam microsoft word. Setelah itu tinggal klik kanan dan mengatur size sesuai dengan keinginan lalu tekan OK. Segera cetak untuk mengetahui hasilnya. Lakukan percobaan terlebih dahulu agar tidak membuang banyak kertas jika terjadi kesalahan.

Kesimpulan

Membuat ID card memang gampang-gampang susah. Kalian harus memiliki kemampuan desain yang cukup untuk membuatnya terlihat menarik. Namun hadirnya aplikasi gratisan saat ini semakin mempermudah prosesnya. Kalian cukup mengganti template dan disesuaikan dengan keperluan.

Sekarang sudah tahu kan berapa ukuran ID card dan tidak pusing lagi apabila membeli plastiknya saja atau ingin membuat desain sendiri untuk sebuah kegiatan. Tinggal pilih salah satu apakah ingin menggunakan standar ISO, umum atau kartu nama.

Akhir Kata

Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Terimakasih.

Download Juga:

You May Also Like

About the Author: Dela Sandora

Seorang penulis konten yang menyukai dunia teknologi dan lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.