Cara Update Windows 10

Saat ini sudah banyak tutorial di internet untuk cara update Windows 10. Namun, pembaruan yang dijabarkan justru membuat laptop pengguna sering mengalami masalah.

Mulai dari jaringan internet yang tidak bisa diakses, fitur brightness yang off, dan lain sebagainya. 

Sebagai pengguna produk Microsoft, tentunya Anda harus tahu cara melakukan update dengan benar.

Hal ini bertujuan agar laptop bisa mendapatkan protection atau perlindungan secara penuh hingga mempertahankan kompatibilitas. 

4 Cara Update Windows 10 dengan Mudah

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru dari produk Microsoft. Pada sistem operasi ini terdapat berbagai pembaruan yang berfungsi untuk menunjang segala aktivitas pengguna.

Banyaknya fitur serta dukungan tools ini membuat banyak pengguna merasa bingung untuk melakukan pembaruan OS.

Kini Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan proses update di Windows 10. Pasalnya, pembaruan ini bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Anda hanya perlu menghubungkan laptop ke jaringan internet dan menunggu hingga proses pembaruan selesai.

Di bawah ini panduan lengkap untuk cara update Windows 10 dengan mudah.

1. Melalui Update Assistant

Cara yang paling umum dan sering digunakan oleh banyak user Windows 10 untuk melakukan pembaruan adalah melalui fitur Update Assistant. Tentunya fitur ini bisa diakses secara mudah oleh semua laptop yang sudah mengusung sistem operasi Windows 10.

Syarat utama dari pembaruan melalui fitur update Assistant, yakni perangkat komputer atau laptop harus terhubung ke jaringan internet.

Pastikan juga bahwa jaringan internet yang digunakan memiliki kecepatan yang stabil agar terhindar dari masalah saat melakukan proses pembaruan.

Berikut ini cara untuk melakukan pembaruan pada Windows 10 melalui fitur Update Assistant.

  • Cara pertama, pengguna bisa membuat salinan atau backup file penting terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data. Cara ini merupakan tindakan opsional sebagai antisipasi kehilangan.
  • Selanjutnya, Anda bisa mengunduhan file Update Assistant melalui situs terpercaya dan lakukan pemasangan pada perangkat laptop atau komputer yang digunakan. 
  • Setelah berhasil terpasang, jalankan program Update Assistant untuk memulai proses pembaruan dengan cara klik tombol “Update Now” di tampilan halaman utama.
Setelah-berhasil-terpasang-jalankan-program-Update-Assistant
  • Pada proses ini file Update Assistant akan melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk perangkat device apakah kompatibel atau tidak untuk pembaruan Windows 10.
  • Jika kompatibel, maka proses unduhan file akan dilakukan dengan cara menekan tombol “Next”.
  •  Pengguna hanya perlu menunggu hingga proses unduhan dan pembaruan ini selesai dilakukan.
  • Pada proses akhir pembaruan, maka perangkat laptop atau komputer akan melakukan restart. Anda hanya perlu menyetujui proses ini dengan cara klik “Restart Now” untuk menyelesaikan cara update Windows 10 melalui update assistant.
cara update windows 10

2. Melalui Windows Update

Alternatif lainnya yang bisa digunakan adalah melalui Windows Update. Cara ini tergolong sangat efektif dan efisien bagi Anda yang ingin melakukan cara update Windows 10 dengan mudah.

Baca Juga :  Cara Aktivasi Office 2010

Hal ini dikarenakan Windows Update merupakan fitur bawaan yang disematkan oleh pihak Microsoft.

Pada proses pembaruan ini, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan secara otomatis sebelum melakukannya. Namun, Anda juga bisa melakukan pembaruan ini dengan manual tanpa perlu menunggu notifikasi dari Windows.

Berikut ini kiat-kiat untuk melakukan pembaruan melalui fitur Windows Update.

  • Kiat pertama, pengguna bisa menghidupkan terlebih dahulu perangkat laptop atau komputer yang ingin dilakukan pembaruan.
  • Setelah halaman desktop laptop tampil, Anda dapat masuk ke bagian menu “Pengaturan” atau “Settings” perangkat.
  • Selanjutnya, klik opsi “Check for updates” untuk memeriksa pembaruan Windows 10.
cara update windows 10 manual
  • Jika tersedia, maka klik tombol pembaruan dan tunggu hingga proses ini selesai dilakukan.
  • Setelah proses pembaruan selesai, perangkat secara otomatis akan melakukan proses restart.

Perlu diketahui bahwa besarnya file update yang diunduh menjadikan proses pembaruan ini memerlukan waktu yang lama. Hal ini tentunya membuat Anda harus lebih bersabar ketika melakukan cara update Windows 10.

3. Melalui Media Creation Tool

Media Creation Tool atau disingkat MCT merupakan program pembaruan yang banyak digunakan oleh para user Windows. Hal ini dikarenakan pengguna bisa melakukan proses pembaruan dengan sangat mudah. 

Sebelum melakukan cara update Windows 10, tentunya Anda perlu mengunduh program Media Creation Tool atau MCT terlebih dahulu. Program ini bisa didapatkan pada situs website terpercaya.

Selanjutnya, lakukan pemasangan pada perangkat komputer atau laptop yang ingin melakukan pembaruan.

Di bawah ini langkah-langkah untuk update Windows 10 melalui MCT.

  • Setelah Media Cretiation Tool terpasang di perangkat laptop atau komputer, kini Anda bisa menjalankan program tersebut.
  • Pada halaman utama dari program MCT, pengguna bisa memilih opsi “Upgrade this PC now” dan klik tombol “Next” untuk memulai proses pembaruan file Windows 10.
Media Creation Tool
  • Selanjutnya akan tampil ketentuan license dan klik kotak “Accept” untuk melanjutkan pembaruan Windows.
  • Kemudian MCT akan melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah komputer atau laptop Anda kompatibel untuk melakukan pembaruan Windows 10. Jika tersedia, maka proses unduhan file akan dimulai secara otomatis.
  • Berikutnya, Anda bisa memilih opsi “Ready to install” dan klik menu “Install” untuk melakukan pembaruan.
  • Pada halaman selanjutnya, pengguna dapat mencentang opsi “Keep personal files and apps” untuk mencegah kehilangan file atau data penting saat proses pembaruan Windows dilakukan.
Baca Juga :  Cara Menghapus Chromium
Pada-halaman-selanjutnya-pengguna-dapat-mencentang-opsi-Keep-personal-files-and-apps
  • Langkah terakhir, tunggu hingga proses pembaruan selesai dilakukan.

4. Melalui Microsoft Update Catalog

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk update adalah melalui Microsoft Update Catalog.

Pada cara ini menjadi alternatif terbaik untuk Anda yang menginginkan keaman dan legalitas yang terjaga. Di bawah ini cara update Windows 10 yang bisa Anda ikuti.

  • Pertama, kunjungi terlebih dahulu https://www.catalog.update.microsoft.com/Home.aspx melalui aplikasi browser yang ada di komputer atau laptop.
  • Pada halaman utama, pengguna bisa memasukkan judul file update Windows “KB4048955” pada kolom pencarian. 
cara update windows 10
  • Kemudian akan tampil berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan arsitektur Window 10 yang dimiliki, seperti x86 atau x63.
  • Selanjutnya, klik menu “Download” untuk mengunduh file tersebut.
cara update windows 10
  • Jika file sudah berhasil di unduh, maka pengguna bisa melakukan pemasangan pada file tersebut untuk proses pembaruan Windows.

Kesimpulan

Adanya cara update Windows 10 ini dapat membantu laptop Anda untuk terhindar dari segala ancaman ataupun bug.

Pasalnya, setiap update Windows yang disediakan oleh Microsoft sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan tool yang termutakhir.

Dengan demikian penjelasan dari kami tentang cara update Windows 10 ke versi terbaru di laptop secara manual. Cara ini juga bisa kalian gunakan pada Windows 10 bajakan.

Semoga dengan adanya artikel ini, dapat berguna untuk kalian semua yang membacanya. Terima kasih dan sampai berjumpa kembali.

Baca juga:

You May Also Like

About the Author: Dela Sandora

Seorang penulis konten yang menyukai dunia teknologi dan lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *