Dela Sandora Seorang penulis konten yang menyukai dunia teknologi dan lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Cara Sharing Printer

3 min read

Tidak sedikit yang bingung bagaimana Cara Sharing Printer di Windows yang benar? Apa itu sharing printer? Ini adalah proses menghubungkan satu printer dengan komputer lain di satu jaringan. Sehingga kalian bisa menggunakan printer secara bersamaan.

Sharing printer memungkinkan satu atau beberapa komputer bisa terhubung dengan satu printer saja. Jadi dengan sharing komputer, kalian bisa menghemat pengeluaran. Pasalnya tidak harus menyiapkan banyak printer untuk setiap komputer yang digunakan.

Selain itu, pengguna juga bisa menghemat waktu karena tidak harus bolak-balik untuk mencetak file atau dokumen tertentu. Meskipun tampilan windows 7,8 dan 10 memiliki perbedaan, namun pengaturan sharing printer tidak berbeda jauh.

Penasaran dengan langkah-langkah yang harus kalian lakukan? Simak artikel ini selengkapnya.

Cara Sharing Printer Di Windows Via LAN

Proses sharing printer bisa menggunakan WiFi atau LAN. Yang menjadi perhatian di sini adalah setiap komputer harus terhubung dengan baik di printer yang digunakan. Agar printer bisa dishare dan dipakai komputer lain, kalian harus menyetting PC yang sudah terkoneksi dengan printer. Adanya penemuan ini sudah pasti meringankan kegiatan kita sehari-hari loh! Simak langkah di bawah ini.

Sharing printer Melalui LAN

  • Pertama, buka dulu Control Panel di perangkat PC/laptop. Bisa menekan Windows + R dan mengetikkan control panel. Setelah menu muncul, cukup klik Ok atau bisa juga tekan Enter
cara sharing printer
  • Jika jendela Control Panel telah terbuka, untuk sharing printer, aktifkan dulu File and Printer sharing. Caranya cukup memilih Network and Internal di Control Panel.
  • Lalu, pilih Network and Sharing Center. Selanjutnya pilih Change advanced sharing settings
cara sharing printer
  • Untuk melakukan sharing file atau printer, pilih saja Turn on network discovery serta turn on file and printer sharing. Fitur ini memungkinkan pengguna lain bisa mengakses file dan printer yang sudah disharing sebelumnya
cara sharing printer
  • Selanjutnya, menonaktifkan password login. Dengan password ini, sebenarnya proses sharing printer tetap bisa berjalan. Hanya saja memakan waktu. Untuk menonaktifkannya, pengguna cukup memilih All Network saja.
  • Scroll ke menu bawah dan kemudian pilih Turn Off password protected sharing. Dengan menonaktifkan fitur tersebut, PC atau perangkat yang mau mengakses printer tidak harus login menggunakan password terlebih dahulu. Berikutnya klik Save changes untuk menyimpan perubahan.
cara sharing printer
  • Setelah File and printer sharing aktif, pengguna bisa mensharing printer sesuai kebutuhan. Pertama-tama, buka dulu Control Panel dan kemudian masuk ke Hardware and Sound. Di menu tersebut, ada beberapa pilihan menu. Pilih saja View Devices and Printers.
  • Klik kanan di salah satu printer yang ingin disharing dan kemudian lanjutkan dengan memilih Printer properties. Cukup sesuaikan dengan nama printer masing-masing.
  • Masuk ke tab Sharing dan jangan lupa untuk mencentang Share this Printer. Kemudian beri pembeda atau nama untuk printernya. Berikutnya klik Ok
cara mudah sharing printer

Selesai, printer yang sudah dishare bisa digunakan komputer lain yang telah terhubung dengan jaringan yang sama.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Watermark Filmora

Meskipun sudah tahu cara sharing printer, pengguna lain juga harus tahu bagaimana cara mengakses printer yang telah dishare sebelumnya. Caranya tidak rumit, cukup ikuti langkah berikut.

Cara Mudah Mengakses Printer Yang Sudah Dishare

Untuk mengakses printer yang dishare oleh teman, pengguna tidak perlu khawatir karena langkahnya tidak ribet. Cukup lakukan beberapa settingan sederhana saja dan printer bisa diakses dengan mudah. Untuk cara aksesnya tinggal ikuti tutorial berikut:

  • Pastikan sudah mengaktifkan Turn On Network discovery serta Turn on file and printer sharing. Berikutnya klik Save changes
  • Bagi yang mengakses printer di File Explorer, buka dulu File Explorer dengan tekan tombol Windows + E dan kemudian klik Network.
  • Selanjutnya klik komputer yang telah terhubung, contohnya Desktop – VQNT1C9. Untuk nama komputer lain biasanya adalah nama komputer Anda sendiri. Jadi abaikan saja nama komputer tersebut
cara sharing printer
  • Selanjutnya, pengguna bisa melihat apa saja yang sudah disharing komputer tersebut. Salah satu yang disharing oleh komputer adalah printer. Klik kanan di printer dan kemudian klik Connect. Tunggu saja hingga connecting selesai
cara sharing printer
  • Sekarang, pengguna bisa mencetak dokumen yang diinginkan memakai printer sharing yang sudah berhasil diakses.

Jika ingin mencetak dokumen atau file lainnya, pengguna harus memilih printer tersebut terlebih dahulu. Pastikan memilih printer yang sudah ready alias siap untuk digunakan kapanpun. Sangat mudah dan tidak ribet bukan?

Kelebihan Sharing Printer Tanpa Sambungan

cara sharing printer

Ada banyak alasan kenapa harus tahu cara sharing printer di jaringan tertentu. Alasan tersebut muncul karena sharing printer memiliki banyak kelebihan yang memberikan penggunanya banyak manfaat. Berikut manfaat melakukan sharing printer di jaringan yang harus diketahui pengguna:

1. Bisa menghemat biaya, tenaga dan waktu

Bagi yang kalian yang menikmati fitur sharing komputer untuk keperluan mencetak dokumen orang lain, bisa dipastikan sharing printer bisa menghemat banyak waktu. Kalian bisa mencetak dokumen dengan cepat dalam satu waktu yang bersamaan. Tentunya tidak harus menunggu dokumen lain selesai terlebih dahulu.

Baca Juga :  Cara Download Lagu dari Tiktok

Tidak hanya itu, penggunanya juga bisa menghemat tenaga karena tidak harus kesana-kemari untuk mengganti kabel USB Printer jika telah sharing printer. Pastinya, kalian juga tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk membeli banyak printer. Cukup satu printer dan bisa digunakan untuk semua.

2. Bisa untuk dipakai beberapa pengguna

Sesuai namanya, cara sharing printer juga memungkinkan kalian bisa melakukan print dokumen dengan satu mesin printer saja. Sama dengan penjelasan yang telah dibahas di awal, kalianbisa menghemat pengeluaran ketika membeli printer.

Dengan menggunakan metode ini, kalian lain bisa memakai printer yang sama. Namun ingat, printer yang digunakan juga harus berada di jaringan yang sama. Jika tidak, tentu sharing printer tidak bisa dilakukan.

3. Komputer satu jaringan bisa bertukar file

Manfaat melakukan sharing printer yang selanjutnya adalah setiap komputer yang terhubung juga bisa bertukar file atau dokumen dengan mudah. Pasalnya sharing komputer memungkinkan perangkat dapat terhubung satu dengan yang lain tapi harus satu jaringan.

Tidak heran jika komputer yang saling terhubung bisa mengirim dokumen atau file dengan mudah dari komputer satu ke komputer lainnya. Menariknya, kalian tidak membutuhkan perantara tambahan. Jadi anti ribet saat digunakan.

Untuk melakukan cara sharing printer, pastikan ada satu komputer yang harus selalu hidup. Selain itu, gunakan printer yang kualitasnya paling bagus di pasaran. Jika printer yang digunakan tidak berkualitas, printer tersebut akan mudah rusak ketika digunakan.

Akhir Kata

Sekian artikel mengenai sharing printer. Adanya penemuan baru ini sudah pasti memudahkan kegiatan kita sehari-hari dan dapat menghemat pengeluaran. Semoga cara di atas dapat bermanfaat dan berhasil jika di praktekkan di laptop teman-teman semua. Untuk windows 7 , 8 dan 10 hanya berbeda tampilannya saja.

Selamat mencoba dan terima kasih!

Download Juga:

Rate this post
Dela Sandora Seorang penulis konten yang menyukai dunia teknologi dan lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *