Dela Sandora Seorang penulis konten yang menyukai dunia teknologi dan lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Cara Reset Printer Epson L120

3 min read

Apabila printer milik kalian sedang mengalami masalah, seperti lampu berkedip, tinta tidak keluar, atau not responding maka kalian bisa mencoba melakukan reset sendiri tanpa perlu dibawa ke service printer. Cara Reset Printer Epson L120 ini bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan aplikasi. Marilah kita simak artikel berikut ini.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan printer bermasalah, tidak selalu disebabkan oleh komponen yang rusak. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui masalah yang terjadi pada printer agar bisa melakukan solusi tepat untuk mengatasinya.

Jika printer kalian tiba-tiba muncul tanda indikator berkedip (lampu printer) dengan gejala muncul notifikasi service required atau waste ink full hal tersebut bertanda bahwa printer tersebut sedang bermasalah atau error.

Sudah pasti menyebalkan jika saat di butuhkan printer kalian malah error. Kami akan memberikan solusi dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Cara Reset Printer Epson L120

1. Cara Reset Manual

Pertama kalian bisa melakukan cara reset printer Epson L120 metode manual. Reset manual ini biasanya dilakukan karena masalah ink level. Jika lampu indikator tinta yang hidup dan diam serta printer yang tidak bisa dipakai untuk mencetak artinya printer mengalami masalah. 

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan reset secara manual, yaitu:

cara reset printer epson l120
  1. Pertama, cabut kabel power printer selama kurang lebih 5 menit.
  2. Pasang kabel kembali dan nyalakan printer.
  3. Tekan tombol power serta tombol resume (tombol dengan logo tinta). Tekan kedua tombol selama 5 detik. Ketika sudah 5 detik, lepas tombol.
  4. Setelah itu, tekan kedua tombol sekali lagi selama 3 detik. Lepaskan kedua tombol setelah 3 detik.
  5. Biarkan printer selama beberapa saat.
  6. Selanjutnya, printer milik kalian akan bekerja lagi secara normal.

Cara reset secara manual ini merupakan cara resmi yang ada di dalam buku panduan printer Epson. Selain itu, banyak situs dari dalam negeri maupun asing juga merekomendasi cara reset manual tersebut.

Selain seri L120, kalian juga bisa mencoba cara ini pada printer Epson seri lainnya. Perlu kalian ketahui bahwa terdapat dua tombol utama pada printer. Berikut adalah penjelasan mengenai kedua tombol, yaitu:

  • Tombol kiri atau power button memiliki fungsi untuk menyalakan serta mematikan printer. Saat lampu tombol power menyala dan berkedip artinya printer sedang menerima data, mencetak dokumen, dan membersihkan head printer Epson L120.
  • Tombol kanan memiliki fungsi untuk melanjutkan proses cetak dokumen yang sedang terhenti. Jika lampu tombol ini berkedip bisa jadi terdapat error. Tombol ini juga disebut sebagai cancel button yang memiliki fungsi cancelation dokumen yang sedang dicetak.
Baca Juga :  Cara Download Lagu di Spotify

2. Cara Reset Menggunakan Aplikasi

Aplikasi reset ini diperlukan untuk mengembalikan nilai counter printer yang telah mencapai ambang batas maksimal waste ink pad. Saat nilai telah tercatat 100%, printer akan memberikan suatu respon berupa lampu yang berkedip secara bersamaan atau bergantian. 

Kalian harus bisa mengembalikkan keadaan tersebut ke keadaan semula. Caranya yaitu dengan mengembalikan nilai menjadi 0 memakai program aplikasi reset. Berikut cara menggunakan aplikasi, yaitu;

  • Download aplikasi reset Epson L120 yang terbaru. Hal ini sangat penting agar proses reset bisa berhasil.
  • Setelah berhasil mendownload aplikasi maka kalian akan memperoleh file dengan format .rar.
  • Ekstrak file tersebut dan kalian akan memperoleh folder. DI dalam folder tersebut terdapat tiga file, salah satunya yaitu AdjProg_L120.exe.
  • Klik dua kali pada file AdjProg_L120.exe untuk menjalankan aplikasi.
  • Klik tombol Select dan pilih OK.
cara reset printer epson l120 menggunakan aplikasi
  • Selanjutnya, pilih Particular Adjustment Mode.
  • Pilih Waste Ink Pad Counter, lalu klik OK.
cara reset printer epson l120
  • Beri tanda centang di bagian kotak Main pad counter. Klik tombol Check yang ada di bagian bawah.
  • Perlu diketahui bahwa kalian bisa melihat maximal point. Jika poin sudah mencapai nilai maksimal yang ditunjukkan pada bagian Max maka artinya komponen ink pad akan memberikan sinyal bahwa statusnya penuh dan printer akan mencetak pesan error.
  • Selanjutnya, kalian perlu mengembalikan nilai waste ink pad menjadi normal atau ditunjukkan dengan angka 0. Beri centang pada Main pad counter dan klik initialize.
cara reset printer epson l120 manual
  • Setelah itu, klik tombol OK.
  • Proses reset akan berlangsung dalam beberapa detik dan tunggu sampai muncul pesan “Please turn off the printer”.
  • Matikan printer.
  • Kalian akan melihat pesan “Please reboot the printer” dan klik OK lalu Finish.
  • Hidupkan kembali printer.
  • Apabila kendala sudah teratasi, kalian bisa menggunakan printer untuk mencetak dokumen lagi.
Baca Juga :  Cara Ganti Background Foto di Photoshop

3. Cara Reset Secara Manual (Waste Ink)

Cara Reset Printer Epson L120

Selain menggunakan aplikasi, kalian juga bisa melakukan reset waste ink pad agar kembali normal tanpa menggunakan software. Cara manual ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan tombol yang ada pada printer.

  • Masuk ke service mode dengan cara, pilih Menu, lalu pilih Scan.
  • Setelah itu, pilih Copy dan pilih Scan.
  • Tekan “test mode”.
  • Pilih (8) ETC.
  • Selanjutnya, pilih (4) EEPROM CLEAR.
  • Pilih (1) INK COUNT.
  • Tekan tombol OK.
  • Untuk mengembalikan menjadi sub menu TEST MODE maka tekan tombol STOP/RESET.
  • Untuk melakukan reset printer maka tekan tombol ON/OFF.
  • Printer akan kembali berjalan normal.

Jenis Error Printer

Reset Printer Epson L120

Terdapat beberapa jenis error pada printer yang perlu kalian ketahui. Beberapa jenis error yang sering terjadi, yaitu:

1. Lampu berkedip

Printer yang tidak memberikan respon dan lampu led printer berkedip adalah masalah yang cukup sering terjadi. Salah satu penyebab lampu printer berkedip adalah terdapat komponen yang rusak. Selain itu, driver juga bisa bermasalah.

2. Printer tidak bisa mencetak

Masalah printer tidak bisa mencetak sering disebabkan dari software, roller, bahkan komponen printer lainnya.

3. Printer tidak bisa menarik kertas

Masalah yang juga sering terjadi adalah ketika kertas printer tidak dapat tertarik ke dalam. Hal ini membuat proses cetak dokumen tidak dapat berjalan.

4. Not responding

Ciri printer yang mengalami not responding adalah muncul pesan dengan tulisan not responding dan pesan tersebut tidak bisa diapa-apakan.

Kesimpulan

Cara reset printer Epson L120 yang dilakukan secara tepat akan membuat printer kalian bekerja lagi. Kenali berbagai jenis error yang dapat terjadi pada Epson L120. Jika error tersebut masih bisa diatasi sendiri, kalian tidak perlu pergi ke tempat service setiap kali mengalami masalah.

Sekian tutorial Cara Reset Printer, akhir kata semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman. Selamat mencoba. Terimakasih

Artikel ini bersumber dari; https://www.hindsband.com/cara-reset-printer-epson-l120/

Download Juga;

Rate this post
Dela Sandora Seorang penulis konten yang menyukai dunia teknologi dan lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *