Cara Partisi Hardisk di Windows 10

Partisi hardisk menjadi tindakan yang sering dilakukan oleh pengguna komputer dalam merapikan beberapa bagian data agar terlihat lebih terstruktur. Pada artikel kali ini, kami akan membahas Cara Partisi Hardisk di Windows 10 bertujuan agar kalian bisa mengelompokkan data sesuai dengan formatnya.

Hal ini mengingat fungsi partisi hardisk yang bisa memisahkan data program ataupun data non program. Hal ini penting dilakukan agar data kita aman tidak akan terhapus saat install ulang windows 10 karna data-data penting seperti gambar, dokumen atau aplikasi bisa kita simpan di drive atau partisi lain selain data C.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan recovery data secara mudah dan aman dikarenakan virus hanya menyerang sistem operasi yang di perangkat PC. Untuk membagi partisi Windows 10 tidak perlu menggunakan software tambahan.

Untuk itu simak terus artikel yang akan kita bahas mengenai cara membuat partisi hardisk di windows 10 dengan cara-cara dibawah ini. Simak terus artikel selengkapnya!

Cara Partisi Hardisk di Windows 10 Tanpa Software

Perlu kalian ketahui bahwa cara untuk partisi hardisk masing-masing memiliki perbedaan sesuai dengan jenis sistem operasi yang disematkan. Jika kalian pengguna sistem operasi Windows 10, maka ulasan ini menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan cara partisi hardisk.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengetahui cara membuat partisi baru, menghapus partisi, mengurangi ukuran hingga memperbesar ukuran partisi baru. Semua opsi ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar kalian dapat mengatur setiap bagian partisi secara mudah.

Di bawah ini cara yang bisa kalian lakukan untuk partisi hardisk di sistem operasi Windows 10.

1. Cara Membuat Partisi Hardisk Baru

Sebelum membuat partisi baru, kalian membutuhkan partisi kosong atau unallocated space terlebih dahulu.

Partisi kosong ini bisa dihasilkan dari metode shrink yang tidak pernah diisi dengan data. Cara partisi hardisk ini juga tergolong sangat mudah. Kalian bisa mengikuti panduan yang ada di bawah.

cara partisi hardisk di windows 10
  • Cara pertama, kalian dapat mengetikan kata kunci “Disk Management” di kolom pengaturan Windows 10 dan tekan enter pada bagian hasil penelusuran pertama.
  • Jika sudah terbuka, maka akan terlihat berbagai partisi yang ada di perangkat PC atau laptop.
  • Pada bagian ini, pilih Unallocated Space yang ingin dijadikan sebagai partisi baru.
cara partisi hardisk di windows 10
  • Selanjutnya, klik kanan pada bagian mouse dan pilih opsi “New Simple Volume”.
  • Otomatis akan tampil jendela baru berupa tulisan Welcome Extend Wizard. Pada jendela ini, kalian dapat klik tombol “Next” untuk melanjutkan pembuatan partisi baru.
  • Berikutnya, kalian diminta untuk menentukan ukuran atau kapasitas yang ingin digunakan dalam pembuatan partisi baru tersebut. Di bagian ini kalian bisa menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan.
  • Jika sudah, langsung klik tombol “Next” dan kalian diminta untuk mengisi drive letter serta volume label dari nama partisi. Pada bagian ini kalian bisa memilih dengan bebas nama atau label yang akan disematkan.
  • Cara terakhir, pengguna bisa menekan tombol “Finish” untuk menyelesaikan pembuatan partisi baru.
Baca Juga :  Cara Unreg Paket Indosat

2. Cara Mengurangi Ukuran Partisi Hardisk

Jika sebelumnya membahas cara membuat partisi di hardisk, maka kini kalian juga bisa melakukan pengurang pada ukuran partisi.

Pada proses pengurangan ini, pengguna dapat memanfaatkan shrink volume yang ada di bagian Disk Management. Berikut ini cara untuk mengurangi ukuran partisi hardisk.

  • Pertama, kalian bisa membuka terlebih dahulu pengaturan Disk Management di control panel.
  • Kemudian, pilih partisi yang ingin diubah partisi hardisk yang ingin diubah ukurannya.
cara partisi hardisk di windows 10
  • Cara yang bisa dilakukan, yakni klik kanan pada bagian mouse dan pilih opsi “Shrink volume”.
  • Jika sudah, maka kalian dapat mengisi berapa ukuran partisi sesuai keinginan. Partisi ini nantinya akan dipecah sesuai pembagian ukuran yang dilakukan.
cara partisi hardisk di windows 10
  • Apabila ukuran ini sudah sesuai, maka kalian bisa menekan tombal “Shrink” yang ada di bagian bawah. 
  • Pada bagian ini kalian dapat melihat ukuran partisi yang berkurang secara langsung sesuai dengan pembagian yang dilakukan.
  • Selanjutnya, partisi-partisi yang sebelumnya dipecah akan otomatis berubah nama menjadi Unallocated Space.

3. Cara Menambah Ukuran Partisi Hardisk

Cara partisi hardisk lainnya yang bisa kalian lakukan adalah menambah ukuran. Perlu diketahui bahwa penambahan ukuran partisi ini hanya berlaku melalui unallocated space saja dikarenakan free space tidak support. Hal ini membuat kalian perlu mengubah free space menjadi Unallocated Space.

Di bawah ini kiat yang bisa dilakukan untuk menambah ukuran pada partisi hardisk.

  • Langkah pertama, kalian bisa membuka terlebih dahulu Disk Management dengan cara melakukan penelusuran di kolom Settings.
  • Kemudian akan tampil berbagai partisi yang ada di perangkat PC atau laptop.
  • Kalian bisa beralih ke bagian kolom “Free Space” dan klik kanan untuk masuk ke bagian opsi “Delete Partition”.
  • Pada bagian notif peringatan, kalian bisa memilih tombol “Yes” jika sudah melakukan proses pencadangan data ataupun pilih “No” untuk melakukan back up data terlebih dahulu.
  • Jika sudah, maka otomatis free space ini akan berubah menjadi unallocated space.
cara partisi hardisk di windows 10
  • Berikutnya, kalian dapat klik kanan kembali pada kolom unallocated space tersebut dan pilih opsi “Extend Volume” untuk menambah ukuran partisi. 
cara partisi hardisk di windows 10
s
  • Lalu, kalian akan melihat jendela Welcome Extend Wizard. Pada tampilan jendela ini klik menu “Next” untuk melanjutkan.
  • Terakhir, tentukan ukuran unallocated space yang ingin ditambahkan pada partisi tersebut. Jika sudah, kalian bisa klik “Next” dan “Finish” untuk menyelesaikan proses penambahan ukuran partisi.
Baca Juga :  Cara Download Story IG

4. Cara Menghapus Partisi Hardisk

Cara partisi hardisk terakhir yang bisa dilakukan adalah proses penghapusan. Hal penting yang perlu diingat sebelum melakukan cara ini, yaitu melakukan back up terlebih dahulu agar data penting kalian tidak hilang atau terhapus.

Kalian bisa mengikuti panduan di bawah untuk penghapusan partisi hardisk.

  • Langkah pertama, buka terlebih dahulu Disk Management yang ada di perangkat PC atau laptop dengan cara melakukan penelusuran di kolom Settings.
  • Pada tampilan Disk Management ini kalian bisa partisi yang ingin dihapus.
  • Klik kanan mouse satu kali dan pilih opsi “Delete Volume” untuk melakukan penghapusan.
cara partisi hardisk di windows 10
  • Kalian dapat memilih tombol “Yes” jika ingin melakukan penghapusan secara langsung atau pilih “No” untuk melakukan proses back up atau pencadangan data terlebih dahulu.
  • Jika langkah di atas sudah dilakukan, maka otomatis partisi yang sebelumnya sudah dihapus berubah nama menjadi free space sehingga nantinya bisa digunakan kembali untuk membuat partisi baru atau menambah ukuran untuk partisi lainnya.

Kesimpulan

Tidak hanya melalui Disk Management, kalian juga bisa melakukan cara partisi hardisk ini melalui bantuan aplikasi tambahan. Terdapat banyak aplikasi tambahan yang bisa diunduh. Tentunya aplikasi ini menawarkan fitur serta kemampuan yang beragam sehingga lebih mudah dalam mengatur partisi.

Namun, bagi kalian yang memiliki keterbatasan akses data internet, maka cara offline ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan pengguna bisa membuat partisi baru, mengurangi ukuran, menambah, serta menghapus partisi dengan aman.

Akhir Kata

Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Download Juga:

You May Also Like

About the Author: Dela Sandora

Seorang penulis konten yang menyukai dunia teknologi dan lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.