Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

Iklan yang sering tiba-tiba muncul di saat kita mengoperasikan laptop sangat lah menyebalkan. Banyak yang berlomba-lomba memasang iklan untuk meningkatkan omzet pendapatan. Biasanya dipasang di sebuah situs tertentu. Tetapi hal ini sangat mengganggu sehingga banyak yang ingin tahu bagaimana Cara Menghilangkan Iklan di Laptop.

Iklan-iklan tersebut pada umumnya muncul di berbagai tempat, termasuk di menu Start, Action Center sampai di Windows Explorer. Hal ini sangat menyebalkan karna terkadang kita tidak sengaja mengklik iklan tersebut.

Nah, bagi kalian yang ingin tahu karena sudah merasa sangat tidak nyaman dengan keberadaan iklan yang kerap kali muncul secara tiba-tiba dan mengganggu aktivitas jelajah internet. Artikel ini sangat tepat untuk kalian. Simak terus selengkapnya!

6 Cara Mudah Menghilangkan Iklan di Laptop

Bersumberkan dari wikipedia iklan merupakan segala bentuk pesan promosi yang disampaikan melalui media. Contohnya: media internet yang kita gunakan sehari-hari. Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa faktor yang memicu munculnya iklan, diantaranya adalah virus yang berjalan pada sebuah aplikasi atau sistem secara tidak sengaja.

Nah, yang perlu kalian pahami yaitu Cara menghilangkan iklan di bawah ini bisa di gunakan dengan berbagai jenis laptop ya. Berikut cara yang bisa kalian praktekan :

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting

Jika kalian adalah orang yang suka mengunduh aplikasi apapun di laptop atau PC, ketahuilah ini bisa menjadi penyebab munculnya iklan secara bergantian. Kalian bisa menghilangkannya dengan melakukan uninstall aplikasi tersebut. Adapun langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Klik ikon start.
  • Buka control panel dan masuk ke bagian program.
cara menghilangkan iklan di laptop
  • Pilih uninstall program, kalian akan melihat semua aplikasi yang sudah terpasang di laptop atau PC.
  • Pilih salah satu yang dicurigai menjadi penyebab munculnya iklan.
  • Klik kanan untuk melakukan uninstall. Posisi menu uninstall berbeda-beda tergantung tipe laptop, ada juga yang di atas.
cara menghilangkan iklan di laptop
  • Selesai, apabila iklan masih muncul maka restart laptop masing-masing.

2. Melakukan Scan Menggunakan Aplikasi Antivirus

Cara menghilangkan iklan di laptop yang kedua adalah melakukan proses scanning menggunakan aplikasi antivirus. Hal ini dikarenakan iklan muncul karena adanya indikasi sebuah virus, yang sering ditemukan adalah Adware.

Baca Juga :  Cara Membuka Pola HP

Mereka berjalan dan bertambah setiap harinya tanpa kalian sadari. Kalau sudah terjadi seperti ini harus dilakukan pembersihan secara menyeluruh pada laptop. Kalian bisa menggunakan Windows Defender, caranya sebagai berikut:

  • Silahkan buka Windows Defender.
cara menghilangkan iklan di laptop
  • Pilih Quick kemudian Scan Now.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Jika sudah, semua virus yang terdeteksi akan muncul, hapus itu.
cara menghilangkan iklan di laptop
  • Jika proses sudah selesai, kalian sudah bias merestart laptop

Untuk menghilangkan virus, kalian boleh menggunakan aplikasi lainnya seperti Smadav dan McAfee.

3. Menghapus File Temporary

File temporary adalah jenis file yang berisi kumpulan data, mereka tersimpan secara otomatis. Beberapa kasus juga berisi malware yang membahayakan laptop. Jika kalian pemilik laptop Asus, maka bisa menggunakan langkah-langkah di bawah ini:

  • Klik keyboard windows+R.
cara menghilangkan iklan di laptop
  • Ketik “temp” lalu pilih OK.
  • Akan muncul tampilan semua folder atau file yang berisikan sampah. Hapus semuanya dan restart laptop.
cara menghilangkan iklan di laptop
  • Jika sudah selesai, restart kalian bisa mencoba apakah iklan-iklan tersebut muncul lagi atau tidak.

4. Menonaktifkan Virus Instalasi Windows

Tahukah kalian jika iklan muncul terkadang disebabkan oleh virus instalasi Windows itu sendiri. Biasanya terjadi di Windows 10, tapi jangan khawatir, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghilangkannya:

  • Buka menu “Settings”.
  • Klik “System”.
  • Pilih “Notifications”.
  • Buka kembali pengaturan dan pilih “Personalization”.
  • Klik “Start” dan off-kan “Showing Suggestion”.
cara menghilangkan iklan di laptop
  • Jika sudah, silahkan masuk ke menu “Settings” lagi dan silahkan pilih “Notifications”.
  • Mode off-kan menu “Get tips”.
cara menghilangkan iklan di laptop
  • Silahkan buka Explorer dan ketikkan klik “New”.
  • Terakhir, non aktifkan kolom “Sync Provider Notifications”.
cara menghilangkan iklan di laptop

Apabila cara menghilangkan iklan di laptop seperti di atas belum berhasil, maka bisa menggunakan cara kedua yaitu dengan membuka menu “Settings” atau tekan Windows + I untuk cara cepatnya. Kemudian arahkan kursor ke “Privacy” dan klik “General”.

Pindah opsi “Let App use My Advertising ID for Experiences Across Apps” ke mode off. Bagaimana apakah bisa dipahami?

cara menghilangkan iklan di laptop

5. Menghilangkan Iklan Melalui Google Chrome

Cara lainnya yang bisa menghilangkan iklan melalui google chrome agar tidak mengganggu aktivitas browsing. Cara ini berlaku untuk pengguna Windows 10, namun untuk Windows yang lain caranya tidak jauh berbeda.

  • Buka google chrome dan arahkan kursor ke menu “settings” yang ada di pojok atas sebelah kanan.
cara menghilangkan iklan di hp
  • Silahkan pilih “advance” kemudian “content settings”.
cara menghilangkan iklan di laptop
  • Pada halaman ini terdapat dua opsi yang bisa diubah yaitu “Pop Up dan Redirects” untuk menghilangkan pop up dan “Ads” untuk mencegah segala bentuk iklan.  
  • Jika fitur “pop ups dan redirect” dalam keadaan off, maka kalian perlu mengalihkannya ke “Allowed”.
cara menghilangkan iklan di laptop
  • Kembalilah ke  menu “Content Settings”.
  • Pilih menu “Ads”, kemudian “Allowed”.
cara menghilangkan iklan di laptop
  • Selesai, iklan yang mengganggu tidak akan muncul lagi. Kalian bisa dengan bebas browsing apa saja.
Baca Juga :  Cara Download Video V Live

6. Melakukan Instal Ulang Windows

cara menghilangkan iklan di laptop

Cara menghilangkan iklan di laptop terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menginstall ulang Windowsnya. Cara ini memang menjamin 100% virus dan  iklan akan hilang. Namun semua data yang ada di drive akan hilang.

Oleh karena itu, harus memindahkannya terlebih dahulu ke flashdisk atau hardisk untuk menyelamatkannya. Apabila bisa melakukan install ulang secara mandiri maka lebih mudah, tapi jika tidak mintalah bantuan ke orang yang profesional agar tidak salah.

Kesimpulan

Cara di atas sangat penting untuk dilakukan mengingat keberadaan iklan tidak sepenuhnya baik. Memang, pengguna akan menjadi lebih mudah menemukan produk atau jasa yang selama ini dicari, tapi jika terus-terusan akan membuat tidak nyaman.

Aktivitas browsing akan terganggu karena jika ingin mengklik sesuatu terganggu oleh kemunculan iklan secara tiba-tiba. Jika terlalu sering, laptop akan menjadi lebih lemot dibandingkan dengan biasanya. Segera lakukan pembersihan iklan dan virus jika tidak ingin semua data hilang atau lebih parahnya laptop tidak bisa digunakan lagi sebelum memindahkan data-data penting.

Oleh karena itu, disarankan untuk membuat duplikat file, baik itu diupload ke drive, pindah ke flashdisk, hardisk dan lainnya. Silahkan praktekkan beberapa cara menghilangkan iklan di laptop yang sudah dijelaskan secara detail. Lakukan step by step dengan benar. Selamat mencoba dan nikmati kelancaran browsing.

Akhir Kata

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghilangkan iklan di laptop yang sangat menganggu. Silahkan ikuti langkah-langkah di atas untuk mempraktekan nya. Semoga artikel ini membantu teman-teman semua. Semoga berhasil. Terimakasih

Download Juga:

You May Also Like

About the Author: Dela Sandora

Seorang penulis konten yang menyukai dunia teknologi dan lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.