Cara Flash Asus Zenfone 5

Kalian mengalami masalah seperti lupa pola atau sistem gagal booting? solusi terbaik adalah flash smartphone kalian. Bingung bagaimana caranya? Simak artikel ini, kami akan menjelaskan cara Flash Asus Zenfone 5 dengan mudah.

Biasanya permasalahan seperti bootloop, mati total, WiFi bermasalah hingga not responding hanya bisa diatasi dengan cara flash Asus Zenfone 5. Kalian harus mengatasi permasalahan dengan flash pada perangkat Asus Zenfone 5. Tentunya ada resiko kehilangan seluruh data pada handphone kalian.

Tetapi jangan khawatir, ada cara paling mudah untuk flash Asus Zenfone 5 untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Tujuannya jika membutuhkan cara flash yang benar dan cepat, kalian bisa langsung menerapkannya.

Agar bisa flash perangkat, lakukan beberapa hal seperti dibawah ini.

Cara Flash Asus Zenfone 5

Ada beberapa cara untuk flash Asus Zenfone 5 yakni menggunakan Flashtool, bantuan PC atau tanpa menggunakan PC. Sesuaikan saja dengan keinginan masing-masing. Cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk cara-caranya tinggal simak tutorial berikut:

1. Flash Asus Zenfone 5 dengan Flashtool

Flashtool adalah alat bantu agar memudahkan proses Flashing Asus Zenfone 5. Flashtool bekerja dengan cara memasang firmware pada chipset handphone yang akan kalian flash. Agar memudahkan proses ini kalian harus menyaipakan alat dan bahan laptop/komputer sebagai media untuk flashing.

Sebelum itu kalian juga harus mendownload Asus Flashing Tool dan Firmware Asus Zenfone 5 melalui link dibawah ini;

Adapun langkah-langkah yang harus kalian kerjakan, yaitu;

  1. Langkah awal, Download melalui link diatas
  2. Install terlebih dahulu “Asus Flash Tool” dengan cara klik kanan dan pilih “Run As Administrator”
  3. Jika sudah ter-install kalian bisa buka aplikasi “Asus Flash Tool” kemudian kalian ganti model menjadi “A5000CG”
  4. Kemudian kalian pilih file “Firmware” yang sudah kalian download dengan cara klik icon menyerupai box dan pilih filenya
  5. Lalu kalian pilih “YES” untu wipe data agar proses flash berjalan sempurna
  6. Setelah itu kalian masuk ke “Droid Boot Mode” pada smartphone kalian dengan cara tekan dan tahan tombol “Power dan Volume + Bersamaan” posisi HP mati
  7. Pastikan HP kalian terhubung dengan laptop atau komputer menggunakan bantuan kabel data
  8. Jika sudah terhubung, akan muncul serial number, akan memulai proses flashnya kalian klik bagian serial number dan pilih “star” dan “ok”
  9. Tunggu sampai proses selesai, HP akan otomatis mati dan akan masuk ke menu utama
Baca Juga :  Setting APN 3

2. Cara Flash Asus Zenfone 5 Menggunakan PC (Via Fastboot Tool)

Cara pertama adalah menggunakan Fastboot Tool. Sebelum menerapkannya, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Persiapan pertama adalah dengan menggunakan PC. Ekstrak dan Install Driver Android Intel Setup di komputer masing-masing. Jangan lupa ekstrak juga ADB Fastboot Tool.

Ubah firmware Asus Zenfone 5 dengan nama yang diinginkan. Tujuannya untuk memudahkan flashing via ADB Fastboot Tool. Pindahkan firmware Asus Zenfone yang telah diganti namanya ke folder ADB Fastboot Tool. Setelah itu, Anda cukup mengikuti tutorial berikut:

  • Setelah dipindahkan, lanjut dengan masuk ke menu Apply update ADB di Asus Zenfone 5 masing-masing. Caranya dengan menekan dan menahan tombol Volume Up + Power bersamaan agar masuk ke mode fastboot
  • Selanjutnya tinggal memilih Recovery Mode. Gunakan tombol volume untuk navigasi. Gunakan opsi pilihan dengan tombol Power.
cara flash asus zenfone 5
  • Setelah memilih Recovery Mode, perangkat akan merestart secara otomatis dan muncul logo bergambar android
  • Jika logo telah muncul, tahan power beberapa detik. Biasanya pengguna juga harus menekan tombol volume Up juga untuk Cara Flash Asus Zenfone 5 di tahap ini
  • Bagi yang tidak berhasil, tekan volume Down + volume Up dan lepaskan volume Up tanpa melepas voluime Down
  • Jika berhasil, pilih Apply update from ADB jika sudah berada di recovery mode
  • Hubungkan ponsel dengan PC atau laptop memakai kabel USB
  • Jangan lupa jalankan CMD di folder ADB Fastboot Tools yang telah disiapkan sebelumnya
flash asus zenfone 5
  • Ketikkan perintah adb devices di CMD. Jika berhasil, ponsel akan terdeteksi di perangkat PC/ Hal tersebut menandakan jika ponsel telah terhubung dan bisa langsung memulai proses flashing
  • Kemudian ketikkan adb sideload user.zip (user.zip di sini adalah firmware yang sudah diubah namanya di langkah sebelum ini)
cara flash asus zenfone 5
  • Jika berhasil, tampilannya akan berubah menjadi serba hitam dengan beberapa tulisan didalamnya.
  • Apabila proses instalasi sudah dilakukan, perangkat ponsel akan masuk ke recovery mode. Tinggal pilih saja reboot system now.
  • Tunggu sampai proses flash Asus selesai. Biasanya membutuhkan waktu 30 menit hingga proses flashing ini selesai

3. Via SD Card (Tanpa Menggunakan PC)

Cara berikutnya bisa dilakukan dengan menggunakan SD Card. Cara flash Asus Zenfone 5 ini adalah kebalikan dari sebelumnya. Dimana tidak membutuhkan PC untuk memulai flashing. Caranya lebih sederhana dan simple dibanding sebelumnya. Untuk tutorialnya sebagai berikut:

  • Pastikan bahan yang digunakan sudah disiapkan terlebih dahulu. Di cara ini, bahan yang dibutuhkan hanya firmware Asus Zenfone 5 saja
  • Masukkan Firmware tadi ke SD card
  • Berikutnya matikan ponsel seperti biasa
  • Masuk ke Recovery mode dengan tekan Power + Down secara bersamaan
  • Berikutnya tap menu apply update from external storage
asus zenfone 5
  • Pakai Volume Down dan Up untuk keperluan navigasi. Sedangkan tombol power untuk keperluan memilih opsi
  • Cari saja firmware yang telah disiapkan sebelumnya dan tekan Power
  • Proses flashing di Asus Zenfone 5 sudah berjalan
  • Tunggu hingga proses flashing selesai
Baca Juga :  Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

Bagi yang ingin melakukan cara flashing Asus Zenfone 5, usahakan menyiapkan perangkat dengan baik. Setidaknya, isi baterai perangkat minimal 70% sebelum memulai proses flashing. Tujuannya agar proses flashing tidak gagal karena baterai tidak mencukupi.

Kegagalan Saat Flashing Asus Zenfone 5

Mungkin tutorial yang sudah dibahas di awal sangat mudah untuk diterapkan. Namun kenyataannya tidak demikian. Tidak sedikit pengguna yang kerap gagal ketika melakukan flashing.

Jadi siapkan mental sebelum melakukan flashing agar hal seperti ini tidak membuatmu down. Ada beberapa penyebab kenapa flashing Asus Zenfone 5 bisa gagal. Berikut beberapa penyebab utamanya:

1. Kabel data yang jelek

flash asus zenfone

Pastikan kabel data yang digunakan ketika flashing bagus dan berkualitas. Biasanya kabel data yang ukurannya kecil bisa membuat koneksi menjadi putus nyambung. Pasalnya tegangan dan arus tidak optimal saat proses flashing.

2. Baterai yang kurang

flash asus zenfone 5

Sebelum menerapkan cara flash Asus Zenfone 5 yang sudah dibahas di awal, ada baiknya mencharger HP terlebih dahulu. Pastikan baterai tidak kurang dari 50%. Pasalnya, proses flashing bisa gagal jika baterai tiba-tiba habis sebelum prosesnya selesai.

3. Driver yang tidak terinstall

cara flash asus zenfone

Berikutnya, proses flashing Asus Zenfone 5 bisa gagal karena driver yang tidak terinstall. Ini adalah salah satu masalah paling umum yang jarang diperhatikan oleh pengguna yang ingin flash perangkat Asus. Jadi tidak heran, mereka kerap kecewa karena berulang kali gagal flashing.

4. Firmware yang tidak cocok

flash asus zenfone 5

Firmware yang tidak cocok juga menyebabkan flashing yang pengguna lakukan tidak berhasil alias gagal. Jadi pastikan menggunakan firmware yang cocok sebelum flashing. Selain tidak cocok, proses flashing bisa gagal karena firmware korup ketika didownload.

Bagi yang ingin melakukan cara flash Asus Zenfone 5, ada baiknya menyiapkan diri dan waktu dengan baik. Pasalnya, selama flashing ponsel tidak melulu bisa berhasil dengan baik. Namun ada beberapa langkah yang keliru dan berakibat gagalnya flashing.

Sekian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan semoga berhasil ya teman-teman!

Download juga;

You May Also Like

About the Author: Dela Sandora

Seorang penulis konten yang menyukai dunia teknologi dan lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *