Cara Aktivasi Windows 10

cara aktivasi windows 10

Windows 10 sudah expired dan muncul tulisan Activate Windows? Untuk menghilangkan peringatan tersebut kalian harus tahu cara aktivasi Windows 10 baik pada versi Pro, Home dan Enterprise secara offline dan permanen.

Pada umumnya untuk mengaktifkan Windows 10 kalian membutuhkan product key. Untuk mendapatkan sebuah product key ini tersedia di mana saja secara online dan offline.

Harga lisensi product key memang cukup mahal dan beberapa orang berpikir ulang untuk membelinya. Namun, jika kalian ingin mengaktifkan Windows 10 tetapi tidak memiliki product key, jangan khawatir.

Kalian masih dapat mengaktifkan Windows 10 Pro secara permanen menggunakan software KMSpico atau KMSauto Lite serta bisa juga tanpa aplikasi menggunakan CMD.

Cara Aktivasi Windows 10 Pro

Cara Aktivasi Windows 10 pro

Microsoft mengeluarkan versi terbaru yaitu Windows 10 Pro, akan tetapi jika kalian ingin menggunakannya kalian perlu aktivasi terlebih dahulu.

Ada banya cara untuk mengaktifkan Windows 10 maupun yang versi Pro. Berikut ini cara aktivasi Windows 10 yang dapat kalian ikuti paduannya.

Cara Aktivasi Windows 10 Permanen

Jika kalian ingin mengaktifkan tanpa perlu bantuan aplikasi cara mudah. Kalian dapat mengaktifkannya dengan membeli lisensi digital atau physical license. Kalian dapat membeli lisensi digital dengan membeli dari situs web Microsoft Store.

Saat kalian membeli dari toko ritel, kalian akan menerima disk instalasi Windows 10 bersama dengan lisensi product key Windows 10.

Beli lisensi sesuai dengan Windows yang ingin kalian instal. Jika kalian menggunakan versi Windows 10 Pro beli lisensi yang versi Profesional.

Cara aktivasi Windows 10 tanpa software.

  1. Langkah pertama, buka menu Settings.
  2. Kemudian klik opsi Update & Security.
  3. Pada menu sebelah kiri pilih opsi Activation.
  4. Selanjutnya klik Change Product Key dan masukkan lisensi Product Key yang kalian miliki.
  5. Klik Next untuk proses aktivasi.
  6. Jika sudah klik Close dan selesai.
Baca Juga :  Cara Aktivasi Office 2010

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSpico

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSpico

Software KMSpico merupakan salah satu progam yang dapat digunakan untuk aktivator Windows 10. Keuntungan menggunakan software ini kalian tidak perlu membeli lisensi product key yang harga nya cukup mahal.

KMSpico dapat kalian unduh secara gratis dan ukuran tidak terlalu besar. Berikut ini cara menggunakannya.

Cara aktivasi Windows 10 tanpa product key.

  1. Pertama, unduh terlebih dahulu software KMSpico disini.
  2. Jika sudah ekstrak file tersebut.
  3. Kemudian matikan antivirus Windows Defender Security.
  4. Buka folder dengan klik kanan lalu pilih Run as Administrator.
  5. Klik pada tombol berwarna merah besar.
  6. Menunggu hingga proses aktivasi selesai.
  7. Selesai.

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan CMD

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan CMD

Command Prompt atau biasa disebut CMD merupakan progam bawaan yang ada pada Windows, jadi kalian tidak perlu membutuhkan koneksi internet untuk mengunduh aplikasi.

Langsung saja berikut ini cara menggunakannya software CMD dengan mudah.

Cara aktivasi Windows 10 secara offline.

  1. Klik menu Start pada menu Windows
  2. Lalu ketik CMD pada kolom.
  3. Klik kanan dan pilih Run as administrator sebagai hak administrator.
  4. Jika sudah masukan perintah cscript slmgr.vbs /ipk (Masukan lisensi product keys) lalu klik Enter.
  5. Selanjutnya masukan perintah yang kedua cscript slmgr.vbs /skms kms.lotro.cc lalu masukan lagi cscript slmgr.vbs /ato dan klik Enter.
  6. Selesai.

Cara Aktivasi Windows 10 Dengan KMSauto Lite

KMSauto Lite merupakan tool pihak ketiga yang dapat mengaktivasi Windows 10 Pro, Home dan Enterprise. Cara ini cukup mudah dan tentu nya gratis tanpa perlu membeli lisensi product key.

Namun, jika kalian salah dalam menggunakan softwarenya dapat menyebabkan masalah pada Windows kalian. Tentu saja kalian jangan khawatir karena berikut ini tutorial cara menggunakan aplikasi KMSauto Lite dengan mudah.

Baca Juga :  Cara Memberi Password Pada Folder

Cara aktivasi Windows 10 gratis.

  1. Langkah pertama unduh software KMSauto disini.
  2. Jika sudah lakukan ekstrak file tersebut yang masih dalam format ZIP.
  3. Matikan antivirus agar software dapat terbaca oleh progam.
  4. Buka folder dengan klik kanan lalu pilih Run as administrator.
  5. Selanjutnya klik pada pilihan Install GVLK.
  6. Lalu ceklis pada kotak Forcibly dan klik Windows key.
  7. Tunggu hingga aktivasi selesai hingga muncul notifikasi Key Installed Successful.
  8. Selesai.

Kenapa Harus Mengaktifkan Windows 10

cara aktivasi windows 10

Mengapa perlu melakukan aktivasi pada Windows? Aktivasi pada Microsoft Windows tentu saja wajib untuk dilakukan, dan apalagi jika kalian baru memeli laptop baru.

Jika kalian belum mengakfitikannya, kalian masih dapat menggunakan Windows 10 akan tetapi ada beberapa kekurangannya. Berikut beberapa masalah yang mungkin kalian temui ketika Windows 10 belum diaktifkan:

  1. Windows 10 selalu menampilkan watermark Activate Windows di pojok kanan bawah pada layar destop dan watermark tersebut akan terus muncul di setiap jendela aplikasi yang terbuka.
  2. Tidak dapat mengubah personalize di menu pengaturan seperti mengganti wallpaper, mengganti tema dan mengganti gambar layar kunci.

Kesimpulan

Masalah pada aktivasi Windows memang sering terjadi karena kalian membeli versi bajakan dan mengupdate sistem operasi yang dapat memunculkan notifikasi aktivator Windows.

Oleh karena itu, sebaiknya segera lakukan proses aktivasi pada perangkat Windows, karena sangat mengganggu. Dengan begitu, kalian dapat melanjutkan pekerjaan kalian dengan komputer atau laptop yang jauh lebih optimal.

Dengan demikian pembahasan kami secara lengkap dan detail, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat semuanya. Terima kasih.

Baca juga:

You May Also Like

About the Author: I'am Jhons

Hanya seorang blogger yang menyukai teknologi dan pemakai gelang Merah Putih. Menyelesaikan Pendidikan S1 Teknik Mesin Universitas Lampung.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *