Aplikasi Dapodik 2021 C

aplikasi dapodik 2021 c

Semenjak Kementrian Pendidikan memberikan rilis pembaruan Aplikasi Dapodik 2021 C, banyak pengguna yang masih bingung bagaimana cara untuk instal aplikasi tersebut dan cara registrasinya.

Aplikasi ini menginformasikan data pokok pendidikan atau biasa disebut Dapodik ke versi terbaru yaitu 2021 C yang dapat digunakan untuk pengumpulan nilai data semester 2 pada tahun ajaran 2020/2021.

Jika kalian masih belum mengerti untuk cara menggunakannya, tenang saja karena kami akan menjelaskan kepada kalian semua cara menginstal aplikasi Dapodik 2021 C dibawah ini secara lengkap dan benar.

Apa itu Aplikasi Dapodik?

aplikasi dapodik 2021

Aplikasi Dapodik 2021 merupakan program perencanaan pendidikan Nasional yang resmikan oleh Kementrian Pendidikan dan akan digunakan untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang cerdas serta dapat bersaing.

Aplikasi ini menggunakan database versi baru yang dibuat dalam bentuk installer. Oleh karena itu harus menginstal ulang terlebih dahulu aplikasi Dapodik agar bisa menggunakannya.

Untuk kode registrasi pada aplikasi Dapodik pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) atau pendidikan kesetaraan (SKB/PKBM) telah diganti dengan kode registrasi format yang baru dan akan didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Karena semua data yang berhubungan dengan pendidikan di Indonesia dibantu dengan aplikasi Dapodik, kalian wajib mendownload aplikasinya dalam versi terbaru.

Adapun pembaruan pada aplikasi dapodik versi 2021 C ini yang bersumber dari kemdikbud.go.id, sebagai berikut:

  1. [Pembaruan] Penambahan isian variabel apakah pernah PAUD Formal dan apakah pernah PAUD Non Formal pada registrasi peserta didik.
  2. [Pembaruan] Dengan penambahan isian variabel hobby dan cita-cita pada registrasi peserta didik.
  3. [Pembaruan] Penambahan validasi variabel yang wajib diisi (mandatory) pada formulir peserta didik untuk kebutuhan Assesmen Nasional (berlaku selain jenjang PKBM dan SKB).
  4. [Pembaruan] Penambahan tabulasi Kamar Mandi/WC pada menu Sarpras-Ruang.
  5. [Perbaikan] Penutupan tambah peserta didik baru untuk jenjang PKBM dan SKB.
  6. [Perbaikan] Perubahan prosedur pemetaan anggota rombel untuk jenjang PKBM dan SKB (mengikuti jenjang formal).
  7. [Perbaikan] Perubahan filter pemilihan Ruang pada rombongan belajar Daring untuk jenjang PKBM dan SKB.
  8. [Perbaikan] Penutupan tambah GTK baru bagi SILN, sekolah dibawah naungan KEMENAG dan wilayah daerah khusus.
  9. [Perbaikan] Pelepasan validasi lokal terkait pengecekan inputan NIK untuk peserta didik.
  10. [Perbaikan] Perbaikan pada isian tingkat pendidikan bagi sekolah Pratama Widya Pasraman (sekolah dibawah naungan KEMENAG).
  11. [Perbaikan] Bugs fixing pada saat proses lanjutkan semester untuk kelas 13 pada jenjang SMK.
Baca Juga :  Fouad WhatsApp

Jika kalian yang belum tau cara unduh dan instal aplikasi ini, silahkan ikuti langkah dibawah ini dengan benar.

Cara Download Aplikasi Dapodik 2021 C

Untuk cara unduh aplikasi ini tidaklah sulit, berikut ini merupakan cara yang dapat kalian ikuti:

  1. Langkah pertama silahkan kalian buka halaman https://dapo.kemdikbud.go.id/berita/rilis-pembaruan-aplikasi-dapodik-versi-2021-c atau klik disini.
  2. Setelah itu kalian scroll halaman tersebut sampai paling bawah dan menemukan tulisan Tautan Aplikasi Dapodik Versi 2021.c.
  3. Kemudian tekan tombol tautan tersebut dan proses download aplikasi akan secara otomatis dimulai.
  4. Apabila muncul nofitifikasi berbahaya, tetap lanjutkan dengan pilih “Keep“.
  5. Selesai.

Cara Instal Dapodik 2021 versi C

cara instal dapodik 2021 c

Jika kalian sudah selesai untuk mendownload aplikasinya, silahkan lakukan proses instalasi atau pemasangan aplikasi Dapodik 2021 C. Untuk langkah-langkah instalasinya sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan kalian mematikan dulu koneksi internet dan program antivirus yang terpasang di laptop atau komputer kalian agar proses instalasi aplikasi dapat berjalan dengan lancar.
  2. Kemudian klik kanan pada file Dapodik_2021.c.exe yang kalian download sebelumnya, lalu pilih menu Run as administrator.
  3. Klik tombol Next dan setujui perjanjian pengguna aplikasi Dapodik 2021c tersebut.
  4. Kemudian yang harus Anda lakukan adalah klik tombol Next kemudian tombol Install atau Install untuk memulai proses instalasi aplikasi Dapodik 2021.
  5. Setelah proses instalasi Dapodik 2021 C selesai, kalian bisa menekan tombol Finish.
  6. Halaman pendaftaran Dapodik akan terbuka sehingga kaliana dapat mendaftar secara offline atau online dengan memasukkan kode pendaftaran dan username dan kata sandi.

Untuk melakukan pembaruan aplikasi Dapodik versi 2021 C, kalian harus menguninstall versi sebelumnya dan kemudian menginstal versi terbarunya.

Kesimpulan

Dapodik adalah aplikasi jaringan data pendidikan dasar kelompok pendidikan dasar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), hal ini sebagai sistem pengumpulan data untuk mengumpulkan data tentang lembaga sekolah dan kurikulum, data siswa, data guru dan karyawan.

Baca Juga :  KineMaster Diamond

Data ini juga mencakup data sarana dan prasarana semua sekolah di Indonesia, termasuk sekolah Indonesia yang ada di luar negeri.

Demikian pembahasan kami tentang aplikasi Dapodik 2021 C versi terbaru, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua.

Apabila terdapat masukan atau koreksi buat kami, silahkan isi kolom komentar dibawah agar dapat kami benarkan.

Download juga:

You May Also Like

About the Author: I'am Jhons

Hanya seorang blogger yang menyukai teknologi dan pemakai gelang Merah Putih. Menyelesaikan Pendidikan S1 Teknik Mesin Universitas Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *